Cara Mudah Membuat Motor Hemat Bahan Bakar

Cara Mudah Membuat Motor Hemat Bahan Bakar - Bensin merupakan bahan bakar yang paling banyak dipakai untuk kendaraan dibandingkan bahan bakar lainnya seperti solar dan gas. Kenaikan harga minyak dunia mengakibatkan kenaikan harga bensin juga, sehingga biaya yang di pakai untuk BBM kendaraan kita menjadi meningkat. Ada beberapa cara menghemat bensin motor anda . Di bawah ini akan dibahas bagaimana cara menghemat bensin agar pengeluaran anda menjadi lebih minimal meski ada kenaikan harga minyak dunia.

Cara Mudah Membuat Motor Hemat Bahan Bakar

Berikut ini ada beberapa Cara Mudah Membuat Motor Hemat Bahan Bakar yang sebenarnya hal sepele untuk dilakukan namun mempunyai manfaat yang banyak :
  • Cek Tekanan Ban
Sepele, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
  • Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor cukup satu menit tak usah kuatir tidak panas, karena motor-motor zaman sekarang didesain lebih canggih , memanaskan mesin motor selama satu menit sudah baik. Tapi kalau kelamaan memanaskan mesin motor anda mengakibatkan knalpot menjadi merah dan cepat keropos karena terlalu panas.
  • Atur Jarak Main Rem
Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
  • Perhatikan Jarak
Perhatikan juga sampai jarak berapa dari stang motor mulai bergerak. sekitar 50% dari jarak yang ada merupakan jarak yang baik. Jangan menggeber-geber gas tapi dengan tarikan yang halus dan stabil. Kemudikan motor secara baik dan benar dapat menghemat bahan bakar sampai 15%. Gerakkan gas dengan cara halus pada mesin yang menggunakan RPM meter, usahakan RPM tidak melewati 50% atau pertahankan kecepatan motor lebih sering pada antara 50-70 km/jam. Pada saat kecepatan di atas 70 km/jam.
  • Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar dan putaran yang lancar.
  • Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.
  • Stel Kopling
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif. Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu, pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah tipis/aus segeralah ganti baru.
  • Gaya Berkendara
Kemacetan seolah telah menjadi fitur baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress si pengendara mobil, konsumsi BBM pun bertambah. Dan kedua hal ini tanpa disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih kencang tanpa memperhitungkan sekelilingnya. Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin pun makin banyak.
  • Masalah Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
  • Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti baru, tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
  • Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi)
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.
  • Gunakan Pertamax
Tips selanjutnya adalah untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang sederhana cuma perlu merogoh kocek lebih banyak yaitu gunakan bahan bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan Anda begitu besar. Jika Anda ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax, kami sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 20% sisa bahan bakar atau kalau bisa tersisa hanya 10% - 15%, baru lakukan pengisian dengan pertamax.
  • Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler. Untuk motor penganut sistem pendingin cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin. Upgrade mesin ditujukan buat motor berjam terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
  • Pakai Fuel Saver
Tidak haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.
  • Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit konsumsi BBM di motor.
  • Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor
Bila misalnya motor Anda hanya perlu menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih kencang. Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara tipe mesin dengan jenis BBM. Untuk contoh di atas, memang motor ber-BBM premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat mesin ngelitik, penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat motor boros konsumsi BBM-nya.
  • Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem, mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit. Demikianlah sekelumit cara menghemat bensin motor anda, semoga bermanfaat . Sekian dan Terima Kasih bacalah Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Buram.

Source: http://goo.gl/dFIohH

17 komentar

Minyak Pelumas sekarang rata rata malah udah diganti interval 4000 km ... :)

Reply

Sepertinya cara yang sangat mencolok cuma dari cara berkendara... ubah kebiasaan berkendara agar lebih menghemat BBM

Reply

Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

Reply

Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

Reply

Ohh, jadi gitu yaaa gan :), thanks yaa informasinya, sangat membantu :)
http://goo.gl/5HB3qK

Reply

kalo ane dlu, wktu jaman2 mtor karbu kan, buset, sibuk bgt otak atik karburator hahaha, pkoknya seru deh jaman karbu, bongkar sana bongkar sini. Nnti ktmuan aja gan di IIMS 2015, bagi2 tips dan cara2 yoo

http://www.kaskus.co.id/post/55c46010902cfeae1f8b4572#post55c46010902cfeae1f8b4572

Reply

wah pada mau ke IIMS 2015 cuy? ayo dahh, ane tahun lalu gak ikut tuh. eh udh ane baca tritnya, gantian gan nih

http://www.kaskus.co.id/thread/55c855ce96bde640718b456c/menggunakan-jalan-raya-akan-lebih-nyaman-bila

Reply

jadi begitu, tengkyu infonyaa. eh yg diatas gue pada mau ke IIMS 2015? kapan? ikutan dong

Reply

thank u sangat bermanfaat hanya untuk maslah motor injeksi kira2 gimana carax spya lebih irit yang menggunakan konsumsi BBM premium

Reply

siip tinggal pilih yang sesuai

Reply

Terima kasih,,,, info yg snagat berguna untuk menghemat BBM

Reply

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Reply

Harga BBM naik. Harga Pertamax naik pada Rabu (10/10/2018), simak 5 cara ampuh menghemat penggunaan bensin motor kamu

Reply

Apa ini benar bisa ? saya sudah mencoba beberapa cara
tetapi hasilnya masih tetap sama saja. saya juga telah
membaca beberapa artikel terutama di situs ini
Topliva Ekonomiya

Reply

apa ini benar bisa ? saya sudah mencoba beberapa cara
tetapi hasilnya masih tetap sama saja. saya juga telah
membaca beberapa artikel terutama di situs ini Topliva Ekonomiya

Reply

Posting Komentar