Penyebab Suara Berdecit Motor Skuter Matic

Penyebab Suara Berdecit Motor Skuter Matic - Di jalanan, sering kita dengar skutik berdecit (berasal dari CVT), terutama saat berakselerasi. Suara decit putus-putus mirip komponen bergesek tanpa pelumas. Jika laju mulai kencang, decit kadang hilang. Kadang juga disertai suara kasar bersumber dari tempat yang sama.

Penyebab Suara Berdecit Motor Skuter Matic

Nah, jika terjadi pada skutik Anda, waspadalah! Ini tanda-tanda, harus segera diperiksa dan diservis. Dicky Hermawan, Service Advisor Yamaha DDS, menjelaskan beberapa hal yang menyebabkan suara decit tersebut, terutama ketika pemutar gas mulai digeber di awal. Berikut yang perlu diperhatikan:
  1. Bisa jadi clutch housing (mangkuk ganda atau rumah kopling) dan clutch carrier (kampas ganda) bergesek atau bergerak tidak normal. Penyebab, adanya rembesan gemuk dari puli sekunder (kedua). Kata Dicky, cek o-ring (karet berbentuk gelang untuk mencegah kebocoran) dan seal. Biasanya sudah aus. ”Kalau masih dan ada kebocoran, biasanya sisa-sisa gemuk dari pabrik. Ini tidak masalah! Bersihkan saja! Kalau sudah lama, ganti o-ring dan seal-nya,” papar Dicky.
  2. Di mangkuk dan kampas ganda terdapat kotoran, pasir atau berkarat. Penyebab, macam-macam, antara lain filter CVT rusak atau penutupnya dicopot alias ada bagian terbuka. Dijelaskan kotak CVT tidak boleh kena kotoran atau terbuka. Untuk pendinginan, pabrik sudah mengatur sirkulasi udara agar ruang tetap dingin. ”Kan banyak tuh, yang ditambahi selang menjulur-julur atau dibuka bagian atasnya. Katanya agar lebih dingin dan ’narik’, atau biar tambah nyentrik. Ada pengaruhnya sih, tapi tidak banyak. Justru lebih banyak negatifnya, kotoran mudah masuk dan merusak. Terutama kalau hujan,” jelas Dicky.
  3. Untuk menghilangkan decit, Dicky menyarankan untuk dilihat dulu komponenya. Jika bisa dibersihkan, cukup membuang kotoran atau menghilangkan karat. Tapi jika sudah parah, wajib diganti, terutama kampas ganda.
  4. Kalau penyebabnya bukan kotoran, jarak mangkuk harus disetel agar kampas tidak terlalu rengang. Suara berdecit bukan karena V-belt.

Source: http://goo.gl/flFDPV

13 komentar

Terimakasih infonya sangat bermanfaat :)

Reply

Anti karat mobil baru

Reply

thanks for sharing..
http://www.jualalatbantu.info/

Reply

oooh itu pnyebabnya, tengkyu gan, ane kira cuma karena piringan cakram remnya basah. Nnti main2 ke IIMS 2015 lah gan, sapa tau kita pada bisa ketmuan, bagi2 ilmu kan, lumayann.

http://www.kaskus.co.id/post/55c46010902cfeae1f8b4572#post55c46010902cfeae1f8b4572

Reply

Mau ke IIMS 2015 gan? cekidot yaa

http://www.kaskus.co.id/post/55c46010902cfeae1f8b4572#post55c46010902cfeae1f8b4572

Reply

wah pada mau ke IIMS 2015 cuy? ayo dahh, ane tahun lalu gak ikut tuh. eh udh ane baca tritnya, gantian gan nih

http://www.kaskus.co.id/thread/55c855ce96bde640718b456c/menggunakan-jalan-raya-akan-lebih-nyaman-bila

Reply

motor ane sering berdecit nih ternyata itu penyebabnya. Nice share bro. Itu atas ane pada mau ke IIMS 2015? sampe tgl 30 kan yah?

Reply

Terimakasih atas ilmu jitunya bos.....Semoga bermanfaat.

Reply

Poskan Komentar